Hallo pet lovers kali ini kita akan membahas salah satu penyakit yang sering sekali nih menyerang empus kesayangan. Pet lovers pasti sering mendengar kan tentang penyakit “chlamydia” atau kalo bahasa medisnya biasa kita sebut chlamydiosis.  Apa sih itu chlamydiosis? Apa sih bahayanya chlamydiosis pada kucing?

Jadi pet lovers kita kenalan dulu yuk sama penyakit ini. Chlamydiosis merupakan penyakit yang di sebabkan organisme yang menyerupai bakteri bernama chlamydia. Jadi jangan salah ya pet lovers chlamedia ini bukan virus atau bakteri akan tetapi menyerupai bakteri. Pada kucing yang sering menyerang adalah chlamydophila felis atau juga ada yang menyebutkan chlamydia psittaci strain felis. Chlamediosis pada kucing dapat menyebabkan infeksi pada saluran nafas dan juga infeksi pada mata. Bagaimana sih ciri-ciri kucing kesayangan jika terinfeksi chlamydia?

Chlamedia pada kucing yang sering tampak gejala dari luar adalah radang pada konjungtiva, radang konjungtiva yaitu area mata, kelopak mata dan tepian mata kan tambak merah, tapi tidak semua mata yg merah ini chlamydiosis ya pet lovers, pada kasus chlamydiosis biasanya mata kucing akan tampak bengkak, panas, dan warna kemerahan lebih dominan. Membran niktitan akan akan lebih terlihat dan menonjol keluar serta berwarna kemerahan. Si kucing akan kesakitan saat menutup dan membuka mata. Pada infeksi yang berkelanjutan apabila tidak langsung di tangani mata kucing akan keluar nanah dan akan menonjol keluar kemudian hancur dengan sendirinya jika imunitas si kucing bagus, jika tidak infeksi bisa menjalar keseluruh tubuh atau biasa kita sebut sepsis. Jika mata sudah menonjol keluar dan tidak kunjung lisis maka mata yang terinfeksi harus segera di angkat. Nah lho kan serem ya pet lovers ini contoh kucing yang terserang chlamydiosis.

Chlamedia 1

Chlamedia 1

Chlamedia 2

Chlamedia 2

Jika kucing kesayangan mulai merah matanya atau bengkak jangan asal di obati sendiri ya pet lovers. Kalau salah pengobatan bisa fatal akibatnya lho.. Bawalah ke dokter hewan terdekat agar segera di tangani dan tidak bertambah parah. Jaga selalu kesehatan kucing kesayangan nya dengan vaksinasi. Dan juga jangan lupa untuk membersihkan mata kucing kesayangan ya minimal sehari sekali, terutama untuk kucing yg berhidung pesek, karena pada kucing yang berhidung pesek memang akan cenderung sering berair.

Bagaimana sih cara membersihkan mata kucing kesayangan? Caranya gampang banget pet lovers sekarang sudah tersedia tissue basah untuk pet kesayangan, yang sudah di formulasikan dengan antiseptic yang sangat aman bagi kesehatan pet, pet lover’s tinggal lap mata kucing pakai tissue ini. Simple banget kan pet lovers. Pet lover’s bisa beli tissue basah khusus pet di klinik hewan atau dokter hewan praktek di sekitar tempat tinggal kalian ya pet lovers. Sehat terus ya anabul kesayangan semoga artikel ini sedikit membantu ^-^

DAFTAR PUSTAKA

https://www.greenvilleanimalcare.com/wp-content/uploads/2017/03/Chlamydiosis.pdf

Prevalence of feline Chlamydiapsittaciandfeline herpesvirus 1 in cats with upper respira-tory tract disease.J Vet Intern Med1999; 13: 153.2 Gruffydd-Jones TJ, Jones BR, Hodge H, Rice M

6 thoughts on “Bahaya Chlamydiosis pada Kucing Kesayangan

  1. Admin mau nanya, jadi di Deket rumah saya ada anak kucing kena penyakit ini juga kayaknya, kondisinya sama kayak gambar chlamedia 2 yg kiri atas, nah putih putihnya itu dijilatin sama induknya sampe keluar. Kira kira yang keluar itu apanya ya? Apakah matanya?

  2. Hi aku sudah membaca article ini, terimakasih untuk tipsny, tapi adakah saran obat apa yang harus kita gunakan untuk mata kitten yg terserang virus chlamydhopila seperti gambar kucing diatas? Terimakasih

    1. pengobatan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kak, pencegahannya bisa dilakukan dengan vaksin 🙂

  3. kira kira biaya pengobatan mata bagi kucing yang matanya seperti keluar dan bernanah dan terkadang ada daerah di daerah mata berapa ya dok?

    1. Kalau matanya sudah terlalu parah bisa dilakukan tindakan operasi pengangkatan mata kak, supaya tidak terulang kejadian tersebut bisa dilakukan tindakan pencegahan dengan vaksin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *