Muntah adalah suatu refleks yang tidak dapat dikontrol untuk mengeluarkan isi lambung melalui mulut. Dimana muntah sendiri tidak selalu bertautan dengan hal buruk. Kenapa? Karena dalam beberapa kasus muntah sangat wajar terjadi seperti contoh hairball pada kucing. Selain itu muntah juga respon tubuh yang normal dimana jika anak kaki empat kita tidak sengaja atau sengaja terelan benda asing.

Selain itu muntah juga bisa disebabkan oleh beberapa factor lainnya seperti infeksi bakteri/virus, perubahan pakan, jadwal pemberian pakan, stress pada anak kaki empat kita bahkan bisa juga disebabkan infestasi parasit (cacingan). Faktor perubahan lingkungan juga dapat mempengaruhi anak kaki empat kita dapat muntah dimana terlihat anak kaki empat kita muntah lemas dan cenderung diam, perut yang agak membesar saat dipalpasi/disentuh.

Apa yang harus dilakukan jika anak kaki empat kita muntah? pertama jangan panik dan mulai berpikir. Jika anak kaki empat kita muntah hanya 1-2x kita bisa memberikan air gula sebagai pengganti cairan yang keluar dan mencari penyebabnya mulai dari pakan atau lingkungan yang berubah. Memberikan snack atau makanan dengan jumlah sedikit untuk menenangkan. Memberikan bantal/selimut yang biasa digunakan, intinya memberikan/membentuk kondisi yang nyaman bagi anak kaki empat kita.

Waspadalah jika muntah pada anak kaki empat kita terjadi lebih dari 1-2x atau terjadi berulang ulang dalam satu hari, bisa jadi anak kaki empat kita terjangkit/terinfeksi penyakit yang berbahaya. Muntah yang berkali kali menyebakan dehidrasi ringan sampai dengan yang parah, dimana bila kondisi tubuh anak kaki empat kita sedang dehidrasi seperti ini sangan rentan terpapar oleh beberapa penyakit yang berbahaya seperti panleukopenia,calici,distemper dan parvo. Bahkan selain dari penyakit infeksius, muntah juga bisa disebabkan oleh penyakit noninfeksius seperti keracunan ataupun tersedak benda asing.

Ambil contoh dalam kasus parvo pada anjing dimana gejala terlihat jelas muntah dan berak dengan jumlah yang banyak dan sering dalam satu hari. Mutah yang berlangsung terus menerus juga mengakibatkan radang dari lambung dan oesophagus(subronto,2006). Dalam kasus parvo ini muntah menjadi salah satu gejala klinis yang khas dari penyakit ini. Muntah yang dikeluarkan bisa berupa makanan ataupun cairan, cairan yang keluar juga bervariasi mulai dari berwarna kuning, hijau bahkan sampai dengan merah. Muntah berwarna merah? Yaa muntah berwarna merah ini berasal dari darah hasil rusaknya organ pencernaan anjing yang terinfeksi virus parvo tersebut.

Muntah pada anjing

Jadi apakah muntah berbahaya bagi anak empat kaki kita? Belum tentu juga tergantung dari jumlah muntah dalam satu harinya. Intinya jangan terlalu panik dalam menghadapi muntah pada anak kaki empat kita. Lebih baik lagi jika langsung diperiksakan kepada dokter hewan kepercayaan anda. Untuk diperiksa dan diberikan tindakan yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan anak kaki empat kita. Jangan terlalu takut membawa anak kaki empat kita walaupun hanya muntah. Kenapa harus ke dokter? Diperiksakan tujuannya agar kita tau anak kaki empat kita muntah disebabkan oleh apa. Jika muntah tersebut disebabkan oleh virus maka dengan sangat cepat kondisi anak kaki empat kita akan cepat memburuk dan berujung dengan kematian.

Subronto. Penyakit infeksi parasit dan mikroba pada anjing dan kucing, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *