Hay..Cat Lover’s kali ini K and P Clinic ingin membagikan tips bagaimana mengadopsi anabul yang baik dan benar supaya anabulnya selalu sehat ya…

Sebelum Cat Lover’s memutuskan untuk memelihara kucing, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dipertimbangkan, dan dipersiapkan.

Persiapan yang diperlukan yaitu :

  1. Pastikan anggota keluarga menyukai kucing atau tidak ada keluarga yang alergi pada kucing. Apabila sudah dipastikan tidak ada masalah maka cat lover’s aman untuk mengadopsi anabul.
  2. Pastikan anda sudah memiliki kebutuhan dasar dalam memelihara kucing yaitu meliputi bak pasir, pasir gumpal atau pasir wangi, serokan pasir, tempat makan & minum (usahakan yang berbahan stainlis atau kemaren, agar air minum tidak bau), sisir dan tentunya kandang ya…
  3. Usahakan untuk mengadopsi dari breeder (peternak).
  4. Adopsilah kucing sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Sebelum mengadopsi usahakan anda melakukan observasi ke cattery tempat anda akan mengadopsi atau jika terhalang dengan jarak, anda bisa menanyakan secara detail mengenai hal – hal yang berkaitan dengan kucing yang akan anda adopsi. Berikut hal – hal yang bisa anda tanyakan kepada cattery mengenai kucing yang akan anda adopsi :
  • Usia dan jenis kelamin (anda bisa memilih warna bulu kucing sesuai dengan selera anda).
  • Jenis makanan apa yang diberikan oleh breeder kepada kucing yang akan anda adopsi.
  • Pastikan kucing yang anda adopsi sudah diberi obat cacing dan sudah tervaksin (dengan meminta bukti buku vaksin kepada breeder).
  • Pastikan kucing yang akan anda adopsi dalam keadaan yang benar – benar sehat, tidak berkutu dan berjamur.
  1. Jika anda akan melakukan pergantian pakan terhadap kucing anda. Sebaiknya tidak secara langsung mengganti pakan yang sebelumnya dengan pakan yang baru. Berikut prosentase pergantian pakan lama dan pakan baru yang akan diberikan :
  • Minggu pertama : berikan makanan sesuai dengan makanan yang sebelumnya.
  • Minggu kedua : berikan 70 % makanan lama dan 30 % makanan baru.
  • Minggu ketiga : berikan 50 % makana lama dan 50 % makanan baru.
  • Selanjutnya cobalah dengan 100 % makanan yang baru.
  • Pastikan kucing tidak mengalami diare atau muntah karena pergantian pakan yang ada berikan.
  1. Setelah kucing berada di rumah, perkenalkan kucing anda kepada seluruh anggota keluarga. Adaptasikan dan ajaklah ia bermain sewaktu – waktu sehingga ia tidak merasa kesepian karena terpisah dengan teman – teman kucing lain saat masih di cattery. Jika kucing baru beberapa hari di rumah anda, sebaiknya jangan langsung dimandikan, biarkan ia mengenal rumah barunya.
  2. Untuk pemilihan kandang, sebaiknya seusaikan dengan ukuran kucing. Usahakan memilih kandang yang bisa dengan leluasa ia bergerak dan tidak sempit.
  3. Jika kucing yang anda pelihara dilepas di dalam rumah, pastikan Anda menyediakan tempat menggaruk (scrats paw) yang bisa dibeli di petshop terdekat.
  4. Didiklah kucing anda dengan kasih sayang agar terbentuk karakter yang baik. Jangan melakukan kekerasan pada kucing anda, karena hal tersebut akan mengakibatkan trauma dan bisa membekas dalam jangka waktu yang cukup lama.
  5. Jalinlah komunikasi yang baik mengenai permasalahan kucing anda dengan breeder. Cek secara rutin kesehatan hewan anda pada dokter hewan terdekat.

2 thoughts on “Tips Mengadopsi Kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *